top of page
  • jonathnbach

Olahan Beras yang Tak Kalah Enak Dari Nasi

Updated: Mar 3, 2021

Nasi merupakan salah satu makanan pokok masyarakat Indonesia. Tanpa beras, makan apapun terasa kurang. Banyak orang yang mengakui bahwa jika tidak makan nasi dalam kesehariannya, mereka tidak akan merasa kenyang.


Nasi adalah makanan yang terbuat dari beras. Selain nasi, ternyata nasi bisa diolah menjadi berbagai makanan enak. Setiap daerah di Indonesia memiliki kreativitas yang unik, dan nasi jenis ini bisa diolah menjadi berbagai makanan enak selain nasi. Ini adalah makanan olahan yang terbuat dari beras, yang bisa menggantikan nasi


Lontong


Jenis makanan pertama yang terbuat dari beras adalah Lontong. Lontong adalah makanan yang lazim digunakan sebagai pengganti nasi. Lontong adalah beras yang dibungkus dengan daun pisang kemudian dimasak atau dikukus selama beberapa jam. Lontong memiliki tekstur yang lebih padat dari nasi serta memiliki rasa dan aroma yang khas. Long Thong biasanya dipasangkan dengan sate, sop dan makanan lainnya seperti Long Thong Tou Gai, Long Thong Balapu, Long Thong Gai dan lain sebagainya.


Buras


Diolah dari beras, lalu ada buras. Buras adalah makanan khas Makassar. Buras adalah sejenis nasi olahan dengan rasa asin dan aroma yang khas. Buras dibuat dengan cara menanak nasi bersama Harun, santan dan bumbu lainnya, kemudian dibungkus dengan daun pisang, diikat dan direbus selama beberapa jam, hingga matang sempurna.


Lepet


Ini adalah makanan populer di Jawa dan Sumatera. Lepet terbuat dari beras ketan dan disangrai dengan santan, daun pandan, dan garam. Setelah Harun matang, masukkan kacang tanah dan kelapa parut. Kemudian bungkus harun yang sudah dicampur dalam daun kelapa muda, lalu kukus hingga mendidih selama beberapa jam.


Ketupat


Ketupat yang biasa digunakan pada catering wedding jakarta terbuat dari beras dan kemudian dilipat membentuk wajik. Ketupat mirip dengan lontong yang dimasak dengan beras dibungkus daun dalam waktu lama. Ketupat biasanya dibungkus dengan daun kelapa muda atau biasa disebut janur. Ketupat memiliki banyak nama, di antaranya Tipat (Bali), topat (Sasak) dan kupat (Sunda).


Lemang


Lemang merupakan makanan khas suku Dayak. Lemang juga dapat ditemukan di beberapa daerah lain, seperti Batak di Lomang dan Minangkabau di Lamang. Lemang adalah proses pengolahan makanan yang terbuat dari beras ketan. Nasi ketan tersebut dimasak dengan santan dan beberapa bumbu khas, kemudian dimasukkan ke dalam bambu, lalu disangrai di atas bara api selama beberapa jam hingga matang.



3 views0 comments

Recent Posts

See All

5 Tips Menghias Nasi Tumpeng yang Baik

Ketika merayakan momen ulang tahun atau acara syukuran sebuah usaha, pastinya kita tidak asing lagi dengan yang namanya tumpeng. Nasi Tumpeng jakarta telah menjadi hidangan lokal yang telah dikenal ma

bottom of page